Tajuk Rencana: Solidaritas pada Rakyat Nepal
Senin, 27 April 2015

Sebagai negara yang berulang kali diguncang gempa, kita bisa merasakan kepedihan dan penderitaan rakyat Nepal yang kemarin terkena gempa.

Gempa berkekuatan 7,9 skala Richter dengan episentrum di daerah antara ibu kota Nepal, Kathmandu, dan Pokhara—kota ini terletak sekitar 141,5 kilometer sebelah barat laut Kathmandu—mengguncang daerah sekitarnya. Bahkan, getaran karena gempa itu dapat dirasakan di Pakistan, Banglades, dan India.

Diperkirakan jumlah korban tewas lebih dari 1.500 orang, belum ditambah yang luka-luka. Jumlah korban itu pun baru yang berasal dari daerah sekitar Kathmandu. Rapatnya perumahan di Kathmandu dan wilayah pinggiran kota, menjadi salah satu penyebab banyaknya korban, ditambah kualitas bangunan di wilayah itu.

Berita selengkapnya terkait Gempa Nepal, silahkan akses di http://print.kompas.com/

TOPIK PILIHAN

Senin, 27 April 2015 Gempa Guncang Nepal JAKARTA, KOMPAS Meskipun menyisakan banyak agenda, pertemuan puncak Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika yang ditutup Kamis (23/4) di Jakarta dinilai mampu menunjukkan kembali eksistensi negara-negara Asia dan Afrika dalam percaturan dunia yang