Yorrys, Ketua Penyelenggara Munas Penyelamat Golkar
Rabu, 26 Nopember 2014

Jakarta, Kompas

Presidium Penyelamat Partai Golkar akhirnya menunjuk politisi Partai Golkar, Yorrys Raweyai, menjadi Ketua Penyelenggara Munas Penyelamat Golkar. Yorrys menggantikan Muladi, Ketua Mahkamah Partai Golkar, yang tidak bersedia menjabat posisi itu.

Haryo Damardono dan Ayu Sulistyowati

Demikian diinformasikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Ace Hasan Syadzilÿ, Rabu (26/11), di Jakarta.

Ace menginformasikan, Presidium Penyelamat Partai Golkar segera bekerja untuk mempersiapkan Munas ”tandingan” yang direncanakan paling lambat bulan Januari 2015.

Rabu siang, bertempat di Kantor DPP Partai Golkar telah hadir calon ketua umum, seperti Agus Gumiwang Kartasasmita, Zainuddin Amali, dan Agung Laksono, untuk membicarakan langkah berikutnya dari Presidium Penyelamat Partai Golkar.

Dihubungi terpisah, calon ketua umum Partai Golkar Hajriyanto Y Thohari menyarankan supaya kedua belah pihak sama-sama saling mengalah.

”Sudahlah bentuk saja munas bulan Januari dan mari bentuk panitia munas bersama-sama,” katanya.

”Kini harus ada kompromi dan saling mengalah di antara dua kelompok itu, yaitu dengan kembali ke keputusan munas 2009 dan pleno 13 November 2014 bahwa munas IX digelar Januari 2015 dan dibentuk kepanitiaan bersama yang inklusif bagi kedua kelompok,” kata Hajriyanto.

Munas Bali

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, munas IX tetap digelar pada 30 November 2014 di Bali.

”Itu, kan, hasil rapimnas yang merupakan pengambilan keputusan tertinggi kedua di Golkar setelah munas,” ujar Idrus.

”Kami sudah mengirimkan surat undangan ke DPD II (kabupaten/kota) dan DPD I (provinsi). Kami yakin mereka akan hadir di munas 30 November,” ujar Idrus saat ditemui di Kantor DPP Partai Golkar.

Kepala Bidang Humas Polda Bali Ajun Komisaris Besar Heri Wiyanto saat ditemui di Denpasar mengatakan, pihaknya pada Selasa telah mengirimkan rekomendasi ke Polri.

Pada intinya, Bali siap menerima dan mengamankan pelaksanaan Munas IX Partai Golkar.

Ditemui terpisah, Sekretaris DPD Partai Golkar Komang Purnama merasa telah mendapat izin dari Polda Bali.

”Jadi, saya rasa, ya, (munas) pasti di Bali,” katanya. Meski belum ada kepastian, diperkirakan Munas IX Partai Golkar akan digelar di Hotel Westin di Bali.

Sementara itu, Idrus mengatakan, Partai Golkar sudah mengirimkan surat pemberitahuan ke kepolisian. ”Keamanan munas di Bali akan menjadi tanggung jawab Partai Golkar sendiri,” kata dia.

Lagi pula, kata Idrus, para anggota Presidium Penyelamat Golkar adalah kawan-kawan dirinya. ”Kami mengimbau ada kesadaran untuk sama-sama membangun Partai Golkar,” katanya yang menyayangkan ada pengerahan massa.